Minggu, 16 Januari 2011

KAMARDHIKAN PROGRESIF

Abstrak

I-E-O adalah sebuah konsep senirupa yang lekat dengan sebuah proses penciptaan menuju kelengkapan sebagai karya “berbobot”. I-E-O pada keris bisa diartikan sebagai pemenuhan ekspresi Intelektual, Estetika dan Orisinalitas ide pada sebuah karya keris.
Intelektual menyangkut latar belakang kultural, komunikasi, kritikal maupun penalaran. Dikemas dalam estetika perkerisan, sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan.
Intelektual
Seorang intelektual (dari kata sifat yang berarti "yang melibatkan pemikiran dan alasan") adalah orang yang menggunakan kecerdasan dan analisis berpikir (Samuel Coleridge), dalam profesinya.

"Intelektual" dapat digunakan untuk arti luas, termasuk dalam tiga klasifikasi kegiatan manusia:
  1. Individu yang terlibat secara mendalam dalam abstraksi ide dan teori.
  2. Profesi yang hanya melibatkan sosialisasi dalam bentuk produksi ide, yang berbeda dengan pelaksana atau pelayanan dalam sebuah pekerjaan.
  3. Setiap keahlian yang melatari kegiatan budaya dan seni, keahlian seseorang yang memungkinkan melahirkan otoritas budaya, yang kemudian mereka publikasikan di depan umum tentang hal-hal berbeda dari biasanya.
Istilah "intelektual" sering untuk menyampaikan gagasan umum yang sifatnya edukatif dan kreatif. Pendapat dalam buku The Evolution of an Intelektual (1920) tulisan John Middleton Murry, mengatakan adanya konotasi umum bahwa perilaku 'intelek' selalu diterapkan pada cabang-cabang kesenian seperti dalam kegiatan sastra.

Keris Kamardikan yang tidak mengikuti pakem (pedoman pokok), karya Toni Junus
Keris Kamardikan yang tidak mengikuti pakem (pedoman pokok), karya Toni Junus

1 komentar:

  1. Wynn Las Vegas and Encore vacation packages 2021 - Dr
    Located in Las Vegas, Wynn Las Vegas and 여주 출장마사지 Encore is within a 10-minute 양산 출장샵 walk of Fashion Show Mall 전주 출장샵 and Sands 동두천 출장마사지 Expo Convention 강릉 출장샵 Center. The resort offers

    BalasHapus