Sabtu, 21 Agustus 2010

sedulur papat versi moderen


sedulur papat versi moderen

by Kristanto Basuki on Wednesday, August 11, 2010 at 9:13am

Mengambil dari KitabKidungan Purwajati tulisannya dimulai dari lagu Dhandanggula yang bunyinyasebagai berikut:

Ana kidung ing kadangMarmati Amung tuwuh ing kuwasanira Nganakaken saciptane Kakang Kawah punikuKang rumeksa ing awak mami Anekakake sedya Ing kuwasanipun Adhi Ari-Ari ingkangMemayungi laku kuwasanireki Angenakken pangarah Ponang Getih ing rahina wengi Ngrerewangiulah kang kuwasa Andadekaken karsane Puser kuwasanipun Nguyu-uyu sabawa mamiNuruti ing panedha Kuwasanireku Jangkep kadang ingsun papat Kalimane wus dadipancer sawiji Tunggal sawujud ingwang.

Pada lagu diatas,disebutkan bahwa "Saudara Empat" itu adalah Marmati, Kawah, Ari – ari(plasenta/ tembuni) dan Darah yang umumnya disebut Rahsa. Semua itu berpusat diPusar yaitu berpusat di Bayi.

Jelasnya merekaberpusat di setiap manusia. Mengapa disebut Marmati, kakang Kawah, Adhi Ari –Ari, dan Rahsa? Marmati itu artinya Samar Mati (Takut Mati)! Umumnya bilaseorang ibu mengandung sehari - hari pikirannya khawatir karena Samar Mati.Rasa khawatir tersebut hadir terlebih dahulu sebelum keluarnya Kawah (airketuban), Ari – ari, dan Rahsa. Oleh karena itu Rasa Samar Mati itu laludianggap Sadulur Tuwa (Saudara Tua). Perempuan yang hamil saat melahirkan, yangkeluar terlebih dahulu adalah Air Kawah (Air Ketuban) sebelum lahir bayinya,dengan demikian Kawah lantas dianggap Sadulur Tuwa yang biasa disebut Kakang(kakak) Kawah. Bila kawah sudah lancar keluar, kemudian disusul dengan ahirnyasi bayi, setelah itu barulah keluar Ari – ari (placenta/ tembuni).

Karena Ari – arikeluar setelah bayi lahir, ia disebut sebagai Sedulur Enom (Saudara Muda) dandisebut Adhi (adik) Ari-Ari. Setiap ada wanita yang melahirkan, tentu saja jugamengeluarkan Rah (Getih=darah) yang cukup banyak. Keluarnya Rah (Rahsa) inijuga pada waktu akhir, maka dari itu Rahsa itu juga dianggap Sedulur Enom.Puser (Tali pusat) itu umumnya gugur (Pupak) ketika bayi sudah berumur tujuhhari. Tali pusat yang copot dari pusar juga dianggap saudara si bayi. Pusar inidianggap pusatnya Saudara Empat. Dari situlah muncul semboyan 'Saudara EmpatLima Pusat'

Keempat nafsu yangdigambarkan oleh ke empat hewan tersebut dapat diuraikan sebagai berikut:

Amarah : Bila manusiahanya mengutamakan nafsu amarah saja, tentu akan selalu merasa ingin menangsendiri dan selalu ribut/ bertengkar dan akhirnya akan kehilangan kesabaran.Oleh karena itu, sabar adalah alat untuk mendekatkan diri dengan Allah SWT.

Supiyah / Keindahan :Manusia itu umumnya senang dengan hal hal yang bersifat keindahan misalnyawanita (asmara). Maka dari itu manusia yang terbenam dalam nafsu asmara/ berahidiibaratkan bisa membakar dunia.

Aluamah / Serakah :Manusia itu pada dasarnya memiliki rasa serakah dan aluamah. Maka dari itu,apabila nafsu tersebut tidak dikendalikan manusia bisa merasa ingin hidupmakmur sampai tujuh turunan.

Mutmainah / Keutamaan: Walaupun nafsu ini merupakan keutamaan atau kebajikan, namun bila melebihibatas, tentu saja tetap tidak baik. Contohnya: memberi uang kepada orang yangkekurangan itu bagus, namun apabila memberikan semua uangnya sehingga kitasendiri menjadi kekurangan, jelas itu bukan hal yang baik.

Maka dari itu,saudara empat harus diawasi dan diatur agar jangan sampai ngelantur. Manusiadiuji agar jangan sampai kalah dengan keempat saudaranya yang lain, yaitu harusselalu menang atas mereka sehingga bisa mengatasinya. Kalau Manusia bisadikalahkan oleh saudara empat ini, berarti hancurlah dunianya. Sebagai Pusat,manusia harus bisa menjadi pengawas dan menjadi patokan. Benar tidaknya silakananda yang menilai.

SEDULUR PAPAT LIMAPANCER DAN SISTEM KEMALAIKATAN.

Setelah Islam masukP.JAWA kepercayaan tentang saudara empat ini dipadukan dengan 4 malaikat didunia Islam yaitu Jibril, Mikail , Isrofil, Ijro'il. Dan oleh ajaran sufitertentu di sejajarkan denga ke'empat sifat nafsu yaitu: Nafsu Amarah,Lawwamah, Sufiah dan Mutmainah.

Pertama Jibril ataudalam bahasa ibrani Gabriel artinya pahlawan tuhan fungsinya adalah penyampaiinformasi, didalam islam dikenal sebagai penyampai wahyu pada para nabi. Dalamkonsep islam Jawa Jibril diposisikan pada kekuatan spiritual pada KETUBAN. Adapandangan yang menyatakan setelah N.Muhammad wafat maka otomatis Jibrilmenganggur karena beliaulah orang yang menerima wahyu terakhir.

Tapi tidak demikiandalam pandangan Jawa, setiap orang di sertai Jibrilnya. Hakikatnya hanya adasatu Jibril di alam raya ini tapi pancaran cahayanya ada dalam setiap diri.seperti Ruh tidah pernah dinyatakan dalam bentuk jamak didalam Al-Quran. Tetapisetiap diri mendapat tiupan ruh dari tuhan dan ruh tersebut menjadi si A, si B,si C Dst.. satu tetapi terpantul pada setiap cermin sehingga seolah2 setiapmcermin mengandung Ruh, dan manusia sebenarnya adalah cermin bagi sang diri.setiap diri menerima limpahan cahayanya.

Diantara limpahancahayanya adalah Jibril yang menuntun setiap orang.

Jibril akan menuntunmanusia kejalan yang benar, yang telah membersihkan dirinya, membersihkancerminnya, membersihkan hatinya. Jibril lah yang menambah daya agar teguh dantebal keimanan seseorang. dalam khasanah jawa Jibril berdampingan dengan Gurusejati, bersanding dengan diri Pribadi.

Jibril tidak mampumengantarkan diri Nabi ke Sidratul Muntaha dalam Mij'raj beliau jugadiceritakan ketika Jibril menampakan diri kehadapan rasul selalu ditemanimalaikat mulia lainnya yaitu Mikail isrofil Ijroil.

Jelas kiranya bahwakahadiran ketuban ketika membungkus janin ternyata disertai saudara2nya yanglain. Ditinjau dari keddudukannya yang keluar paling awal maka disebut sebagaikakak atau kakang (saudara tua ) si bayi. begitu bayi lahir maka selesailahsudah tugas ketuban secara fisik. tetapi exsistensi ketuban secara ruhaniah iatetap menjaga dan membimbing bayi tersebut sampai akhir hayat.

secara extensi Jibrildiciptakan setelah malaikat Mikail. dan Tali Pusar ada lebih dulu dari padaselaput yang membungkus janin di pintu rahim (cervix)

Ke Dua MalaikatIsrafil. Menurut hadis malaikat Israfil diciptakan setelah penciptaan Arsy (Singgasana Tuhan ) disebut sebagai malaikat penggenggam alam semesta, ia meniupTerompet Pemusnahan Dan Pembangkitan. Ia digambarkan menengadah ke atas untukmelihat jadwal kiamat yang ada di Lawh Al Mahfuzh.

Israfil di sepadankandengan ari-ari, tembuni atau Placenta, Ari-Ari adalah yang memayungi sang janinsampai ketempat tujuan dialah yang memberikan keamanan menyalurkan makanan dankenyamanan pada janin dengan ari-ari ini kehidupan berlangsung dalam janin.

Exsistensi Ari-ariini disejajarkan dengan malaikat Israfil Dalam kelahiran janin, Ari-ariditerima sebagai saudara muda (adik).

Meskipun jasadnyatelah tak ada lagi ari-ari tetap memberikan perlindungan bagi manusia setelahdilahirkan. Dari sisi keberadaanya malaikat Israfil dicipta terlebih dahuludari pada malaikat Mikail dan Jibril As. Israfil diyakini sebagai Pelita HatiBagi manusia agar hatinya tetap terang, Itulah sebabnya sejahat-jahatnyamanusia masih ada secercah cahaya dalam hatinya tetap ada kebaikan yangdimilikinya meski hanya sebesar debu...

Yang ketiga adalahMalaikat Mikail, Salah satu malaikat yang menjadi pembesar para malaikat..Tugas malaikat Mikail adalah Memelihara Kehidupan. Dalam hadis diceritakanbahwa malaikat Mikail mengemban tugas memelihara pertumbuhan pepohonan,kehidupan Hewan juga Manusia.. Dialah yang mengatur angin dan hujan dan membagirejeki pada seluruh mahluk.

Pada konsep sedulurpapat yang sudah di sesuaikan dengan ajaran Islam, Tali Pusar merupakan Lokus,tempat dudukan bagi malaikat Mikail dia merupakan tali penghubung bagikehidupan manusia.Zat zat makanan, Oksigen dan Zat yang perlu dibuang daritubuh janin agar tidak meracuni tubuh janin. Subhanallah.. Dia telah mengaturkehidupan manusia dalam rahim melalui malaikat malaikatnya.

Mikail dipandangorang jawa sebagai saudara yang memberikan sandang, pangan dan papan, Jikaseseorang memohon perlindungan tuhan maka Mikail yang akan menjalankan perintahTuhan untuk melindunginya.

Ke Empat adalahMalaikat Ijroil. Malaikat Maut yang dipercaya sebagai yang bertanggung jawabakan Kematian. Kehadirannya amat ditakuti Manusia.. Jika ajal telah tiba makaia akan Me wafatkan manusia sesuai waktunya.

Dalam konsep sedulurpapat Malaikat maut ini ternyata saudara Manusia sendiri bukan orang lain dania tidak akan menyalahi tugasnya bila seseorang belum sampai ajalnya dia takakan mewafatkannya.. Dia hadir untuk meringankan penderitaan manusia, saudarasejati pasti melindungi bila yang bersangkutan selalu dijalan yang benar.Bayangkan bila manusia tidak bisa mati tetapi hidupnya menderita..? apa tidaktersiksa..? bayangkan bila ada orang yang mau mati aja sulitnya bukan main..Nauzubillah..

Ijroil disebutsebagai kekuatan Tuhan yang berada didalam Darah, Dalam kehidupan sehari hariIjroil bertugas untuk menjaga hati yang suci, Jika hati terjaga kesuciannyamaka ketakutan akan hidup menderita dan kematian akan tak ada lagi.

Jika ajal telahsampai maka Ijroil mengorganisasi malaikat lainnya, mengorganisasi saudarasaudara lainnya untuk mengakhiri hidupnya. Permana yang memberikan kekuatanpada sang Jiwa diangkat keluar tubuh, sehingga tubuh tak dapat lagidikendalikan oleh jiwa. Ruh penyambung hidup kita lepas.. tubuh menjadi lunglailak berdaya dan ini bentuk umum kematian bagi manusia.. loh kok gitu yaa..? Nahyang tidak umum yaaa.. bila Sang Diri Sejati manusia mampu memimpinsaudara-saudaranya untuk melepaskan Jiwa manusia kealam Gaib. Orang demikiansudah mempu menyongsong kematiannya dengan benar, dia memberitahukan pada sanakdan saudaranya kapan kematiannya akan datang.

Semua saudara gaibini sudah menjadi satu dengan tubuh kita, ketika dalam rahim sendiri-sendiriwujudnya. tapi ketika sang Bayi sudah lahir hanya ada satu wujud. Empat saudarakita tetap menyertai kita dalam wujud Ruh dan Tidak Kasat Mata.

Ada kutipan Ayatdalam Al-Quran yang perlu di simak..

" In Kullunafsin lamma alayha hafizh" > 'Setiap diri niscaya ada penjaganya' Atau"Wa huwa al-qahir fawq iba'dih wa yusril alaykum hafazhah hatta idza ja'aahadakum al-mawt tawaffathu rusuluna wahum la yufarrithun" >' Dialahyang berkuasa atas semua hambanya. Dan dia mengutus kepada kalian Penjaga-Penjagauntuk melindungimu. Jika seseorang sudah waktunya mati, maka utusan-utusan kamiitu mewafatkannya tanpa keliru"

Simbolisasi sedulurpapat limo pancer dalam perwayangan

Semar sebagaipamomong keturunan Saptaarga tidak sendirian. Ia ditemani oleh tiga anaknya,yaitu; Gareng, Petruk, Bagong. Ke empat abdi tersebut dinamakan Panakawan.Dapat disaksikan, hampir pada setiap pegelaran wayang kulit purwa, akan munculseorang ksatria keturunan Saptaarga diikuti oleh Semar, Gareng, Petruk, Bagong.Cerita apa pun yang dipagelarkan, ke lima tokoh ini menduduki posisi penting.Kisah Mereka diawali mulai dari sebuah pertapaan Saptaarga atau pertapaanlainnya. Setelah mendapat berbagai macam ilmu dan nasihat-nasihat dari SangBegawan, mereka turun gunung untuk mengamalkan ilmu yang telah diperoleh,dengan melakukan tapa ngrame. (menolong tanpa pamrih).

Dikisahkan,perjalanan sang Ksatria dan ke empat abdinya memasuki hutan. Ini menggambarkanbahwa sang ksatria mulai memasuki medan kehidupan yang belum pernah dikenal,gelap, penuh semak belukar, banyak binatang buas, makhluk jahat yang siapmenghadangnya, bahkan jika lengah dapat mengacam jiwanya. Namun pada akhirnyaKsatria, Semar, Gareng, Petruk, Bagong berhasil memetik kemenangan denganmengalahkan kawanan Raksasa, sehingga berhasil keluar hutan dengan selamat. Diluar hutan, rintangan masih menghadang, bahaya senantiasa mengancam. BerkatSemar dan anak-anaknya, sang Ksatria dapat menyingkirkan segala penghalang danberhasil menyelesaikan tugas hidupnya dengan selamat.

Mengapa peranan Semardan anak-anaknya sangat menentukan keberhasilan suatu kehidupan? Semarmerupakan gambaran penyelenggaraan Illahi yang ikut berproses dalam kehidupanmanusia. Untuk lebih memperjelas peranan Semar, maka tokoh Semar dilengkapidengan tiga tokoh lainnya. Ke empat panakawan tersebut merupakan simbol daricipta, rasa, karsa dan karya. Semar mempunyai ciri menonjol yaitu kuncungputih. Kuncung putih di kepala sebagai simbol dari pikiran, gagasan yang jernihatau cipta. Gareng mempunyai ciri yang menonjol yaitu bermata kero, bertangancekot dan berkaki pincang. Ke tiga cacat fisik tersebut menyimbolkan rasa. Matakero, adalah rasa kewaspadaan, tangan cekot adalah rasa ketelitian dan kakipincang adalah rasa kehati-hatian. Petruk adalah simbol dari kehendak,keinginan, karsa yang digambarkan dalam kedua tangannya. Jika digerakkan, keduatangan tersebut bagaikan kedua orang yang bekerjasama dengan baik. Tangan depanmenunjuk, memilih apa yang dikehendaki, tangan belakang menggenggam erat-eratapa yang telah dipilih. Sedangkan karya disimbolkan Bagong dengan dua tanganyang kelima jarinya terbuka lebar, artinya selalu bersedia bekerja keras.

Cipta, rasa, karsadan karya merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Cipta, rasa,karsa dan karya berada dalam satu wilayah yang bernama pribadi atau jati dirimanusia, disimbolkan tokoh Ksatria. Gambaran manusia ideal adalah merupakangambaran pribadi manusia yang utuh, dimana cipta, rasa, karsa dan karya dapatmenempati fungsinya masing-masing dengan harmonis, untuk kemudian berjalanseiring menuju cita-cita yang luhur. Dengan demikian menjadi jelas bahwa antaraKsatria dan panakawan mempunyai hubungan signifikan. Tokoh ksatria akanberhasil dalam hidupnya dan mencapai cita-cita ideal jika didasari sebuahpikiran jernih (cipta), hati tulus (rasa), kehendak, tekad bulat (karsa) danmau bekerja keras (karya).

Simbolisasi ksatriadan empat abdinya, serupa dengan 'ngelmu' sedulur papat lima pancer. Sedulurpapat adalah panakawan,kalimo pancer adalah ksatriyanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar